Peringati 30 Tahun Prambanan Temple Compounds, BPCB DIY Menggelar Aksi Bersih-bersih Situs


berita 16 Desember 2021 Bagikan

1 / 8
Kegiatan kerja bakti di Candi Siwa sisi selatan (Foto: Dok. BPCB DIY 2021)
2 / 8
Kegiatan kerja bakti di Candi Siwa sisi barat (Foto: Dok. BPCB DIY 2021)
3 / 8
Kegiatan pembersihan tubuh Candi Siwa sisi barat (Foto: Dok. BPCB DIY 2021)
4 / 8
Pembersihan bagian lantai pagar langkan Candi Siwa (Foto: Dok. BPCB DIY 2021)
5 / 8
Pembersihan Candi Brahma sisi barat (Foto: Dok. BPCB DIY 2021)
6 / 8
Pembersihan tangga sisi selatan Candi Siwa (Foto: Dok. BPCB DIY 2021)
7 / 8
Pembersihan halaman III sisi selatan Kompleks Candi Prambanan (Foto: Dok. BPCB DIY 2021)
8 / 8
Pimpinan dan pegawai BPCB DIY berfoto bersama sebelum memulai kegiatan kerja bakti di Halaman 1 Candi Prambanan (Foto: Dok. BPCB DIY 2021)

Pagi yang cerah, 13 Desember 2021, saat matahari mulai beranjak naik, sejumlah karyawan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mulai berkumpul di halaman I dari Kompleks Candi Prambanan. Mereka tengah bersiap untuk ikut serta melakukan kerja bakti membersihkan kompleks Candi Prambanan. 

Kegiatan ini melibatkan beberapa pihak, di antaranya perwakilan Laskar Rempah Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, dalam rangka memperingati 30 tahun penetapan Prambanan Temple Compounds sebagai Warisan Budaya Dunia. 

Kompleks Candi Prambanan bersama dengan Candi Sewu, Candi Lumbung, Candi Bubrah dan Candi Ghana disebut sebagai Prambanan Temple Compounds (Gugusan Percandian Prambanan). Prambanan Temple Compounds telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO World Heritage Committee dengan No.C.642 pada 13 Desember 1991.

Partisipan kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Ada kelompok pertama yang bertugas di halaman I. Di halaman I, mereka membersihkan candi Siwa, Brahma, Wisnu dan candi lain-lain. Pembersihan dilakukan dengan cara mekanis kering. Peralatan yang digunakan antara lain sapu lidi dan sikat ijuk.

Sementara kelompok kedua bertugas membersihkan halaman III sisi selatan. Mereka juga menanam tanaman perdu di sekitar halaman tersebut. Mereka bahu membahu untuk membersihkan semua bagian dari kompleks Candi Prambanan.  Kegiatan ini menjadi momentum untuk menjaga kelestarian candi Prambanan secara berkelanjutan. Candi Prambanan sebagai bagian dari Warisan Budaya Dunia Prambanan Temple Compounds wajib dilestarikan agar bisa diwariskan pada generasi mendatang. 



*Ditulis oleh Shinta Dwi Prasasti, S.Hum., M.A.

(Pengelola Data Cagar Budaya dan Koleksi Museum di

Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi D.I. Yogyakarta)

 

 

 

Baca Juga

Rekonstruksi Stupa Dawangsari

berita 06 Juli 2022

Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (BPCB DIY) melaksanakan kegiatan Rekonstruksi Stupa Dawangsari di Situs...