Gua Karanggede

Masa Prasejarah 31 Desember 2019
Bagikan

1 / 4
2 / 4
3 / 4
4 / 4

Pintu Gua
Situasi Gua dilihat dari arah Timur
Stalaktit
Kondisi Stalakmit

Penamaan Gua Karanggede diberikan oleh warga penduduk sekitar yang didasarkan pada keletakan gua yang berada di Dusun Karanggede, Jerukwudel, Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gua memiliki dua pintu, sisi luar dan sisi dalam.  


Pintu gua sisi luar berukuran tinggi 1 meter, dan lebar 1,4 meter. Pintu gua sisi dalam tingginya 2,7 m, dan lebar 1,6 m. Memiliki kedalaman sekitar 7 m, diukur dari mulut gua sisi luar sampai mulut gua sisi dalam. Posisi lantai dengan mulut gua adalah sejajar, materi penyusun lantai gua cenderung bergelombang dengan materi penyusun berupa bongkahan batu dengan ukuran yang beragam.  

Pada bagian atap gua terdapat beberapa bekas dari perusakan stalagmit. Gua ini memiliki dua lorong jalan, sisi kiri dan sisi kanan. Lorong sisi kanan memiliki jalan keluar/tembus. Sirkulasi udara dan pencahayaan sangat kurang, dengan tingkat kelembapan sedang. Terdapat cangkang siput yang tersebar hampir di seluruh dalam gua. Tidak ditemukan materi pendukung arkeologis. Berdasarlan morfologi dan keletakannya, gua ini memiliki potensi sebagai hunian masa prasejarah.

Baca Juga

Gua Karanggede

Masa Prasejarah 31 Desember 2019

Penamaan Gua Karanggede diberikan oleh warga penduduk sekitar yang didasarkan pada keletakan gua yang berada di Dusun Karanggede, Jerukwudel,...

Candi Kalasan

Masa Klasik 09 Oktober 2020

Candi Kalasan berada di Dusun Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadaan Candi...