Bangunan-Bangunan Indis di Kota Yogyakarta

buku 11 Mei 2022 Bagikan


Judul : Bangunan-Bangunan Indis di Kota Yogyakarta
Edisi : -
Penerbit : Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta
Catatan Redaksi :
Unduh : file berkas

Buku Bangunan-bangunan Indis di Kota Yogyakarta merupakan kumpulan tulisan tentang sejarah dan perkembangan arsitektur indis di Kota Yogyakarta serta dinamika pemanfaatannya hingga saat ini.

Arsitektur Indis merupakan fenomena historis yang timbul dan berkembang sebagai jawaban terhadap kondisi-kondisi politik, ekonomi, sosial dan seni-budaya.  Arsitektur Indis merupakan manifestasi dari nilai-nilai budaya yang berlaku pada zaman itu ditampilkan lewat kualitas bahan dan dimensi ruang yang besar dan berkualitas tinggi.

Pembuatan Buku Bangunan-bangunan Indis di Kota Yogyakarta adalah salah satu upaya sosialisasi potensi cagar budaya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di samping itu, melalui buku ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang arti penting cagar budaya khususnya bangunan indis.

Semoga dengan terbitnya buku ini dapat menambah wawasan kita tentang bangunan cagar budaya. Diharapkan setelah mendapatkan pengetahuan tentang cagar budaya, kita dapat memahami nilai-nilai penting yang terkandung di dalamnya dan menyadari arti penting pelestariannya. Dengan demikian kita bisa berinisiatif ikut serta berpartisipasi dalam melestarikan cagar budaya seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Baca Juga